Senin, 22 Oktober 2012

RPP MATEMATIKA SD IV



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                               :   SDN ...........
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/semester                   :   IV (Empat) /1 (satu)
Alokasi waktu                    :   2 x 35 menit

A.    Standar  Kompetensi      :          
1.      Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah.

B.     Kompetensi Dasar
1.6    Melakukan penaksiran dan pembulatan

C.    Indikator
§  Melakukan penaksiran operasi hitung
§  Melakukan operasi hitung dalam satuan, puluhan, atau ratusan terdekat.

D.    Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat Melakukan pembulatan bilangan
§  Siswa dapat Melakukan penaksiran operasi hitung
E.     Materi Ajar
Sifat-Sifat Operasi Hitung Bilangan
B.     Melakukan Penaksiran dan Pembulatan
Melakukan Pembulatan
a. Membulatkan bilangan dalam puluhan terdekat
Aturan pembulatan:
·         Jika angka terakhir (satuan) lebih besar atau sama dengan 5, maka bilangannya dibulatkan ke atas.
·         Jika angka terakhir (satuan) lebih kecil dari 5, maka bilangannya dibulatkan ke bawah.
Contoh :
1. 58 dibulatkan menjadi 60 (bilangan terakhir (8) lebih besar dari 5)
2. 44 dibulatkan menjadi 40 (bilangan terakhir (4) lebih kecil dari 5)
3. 65 dibulatkan menjadi 70 (bilangan terakhir (5) sama dengan 5)

b. Membulatkan bilangan dalam ratusan terdekat
Aturan pembulatan:
       Jika dua angka terakhir (puluhan) lebih besar atau sama dengan 50, maka bilangannya dibulatkan ke atas.
       Jika dua angka terakhir (puluhan) lebih kecil dari 50, maka bilangannya dibulatkan ke bawah.

Contoh :
1.      172 dibulatkan menjadi 200
2.      417 dibulatkan menjadi 400
3.      550 dibulatkan menjadi 600

F.     Metode Pembelajaran
Tanya Jawab
Ekspositori
Latihan

G.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Menyampaikan Tujuan Pembelajaran.
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
5 menit
§  Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Siswa dapat Melakukan penaksiran dan pembulatan
Tekun ( diligence )
Disiplin ( Discipline )
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
F Menginformasikan aturan pembulatan bilangan
F Melakukan latihan dengan fasilitas soal-soal.
Tanggung jawab ( responsibility )
Tekun ( diligence )
Disiplin ( Discipline )
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi :
F Guru bersama siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
F Guru bersama siswa meluruskan kesalahan pemahaman.
Tanggung jawab ( responsibility )
50 menit
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup :
F Menyimpulkan materi
F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
Disiplin ( Discipline )
Tanggung jawab ( responsibility )
5 menit

H.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 .
§  Matematika SD untuk Kelas IV  4 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 4







I.       Penilaian
No
Nama Siswa
Penilaian
Nilai
Bentuk
Instrumen
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.

- Tertulis
- Isian/Esai



Contoh Instrumen
B x 1 = 5
          = 20 x 5 = 100
Blotongan, 6 Oktober 20...
Mengetahui
Guru pamong


.......................................
NIP :

    
        Praktikan


..........................................
NIP : ..............................

Mengetahui
Kepala Sekolah



.............................................
NIP : .................................

Lembar Kerja Siswa
Sekolah           :
Nama              :
Kelas               :

A. Ayo, bulatkan bilangan-bilangan berikut ke puluhan terdekat
1. 32 dibulatkan menjadi . . . .
2. 45 dibulatkan menjadi . . . .
3. 23 dibulatkan menjadi . . . .
4. 67 dibulatkan menjadi . . . .
5. 92 dibulatkan menjadi . . . .
6. 17 dibulatkan menjadi . . . .
7. 29 dibulatkan menjadi . . . .
8. 55 dibulatkan menjadi . . . .
9. 81 dibulatkan menjadi . . . .
10. 28 dibulatkan menjadi . . . .

B. Ayo, bulatkan bilangan-bilangan berikut ke ratusan terdekat
1. 105 dibulatkan menjadi . . . .
2. 136 dibulatkan menjadi . . . .
3. 256 dibulatkan menjadi . . . .
4. 349 dibulatkan menjadi . . . .
5. 297 dibulatkan menjadi . . . .
6. 454 dibulatkan menjadi . . . .
7. 672 dibulatkan menjadi . . . .
8. 333 dibulatkan menjadi . . . .
9. 281 dibulatkan menjadi . . . .
10. 567 dibulatkan menjadi . . . .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar